Sampah Plastik Hingga Bangkai Hewan Menumpuk Di Pintu Saluran Irigasi

Kamis, 12 Oktober 2017 08:24 WIB
Banjarmasin Post

TRIBUN-VIDEO.COM, MARTAPURA - Suri, nampak menutup rapat dua lubang hidungnya menggunakan baju saat melewati saluran irigasi di desanya, Rabu (11/10/2017) siang.

Warga RT 3 itu pun kemudian mempercepat langkah kakinya lantaran tidak kuat mencium bau menyengat di pemukimannya tersebut.

Bau tersebut berasal tidak lain dari gundukan sampah bercampur bangkai yang tertumpuk dan tersumbat di pintu irigasi RT 3 Desa Pematang Panjang Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar Kalsel.

Suri mengatakan adapun sampah-sampah tersebut sebelumnya merupakan hasil kiriman dari berbagai sampah dari segala tempat yang berujung tertumpuk di pemukimannya.

"Soalnya yang tertumpuk di sini tidak hanya sampah plastik dan ranting saja, melainkan bangkai sisa ayam, anjing dan bahkan babi juga pernah terlihat ada," ujarnya.

Sedangkan Aslamiah, warga lainnya mengaku, lantaran kondisi tersebut air irigasi menjadi tercemar dan menimbulkan gatal-gatal terhadap kulit anaknya. Pasalnya, sehari-hari ia bersama keluarganya tidak ada pilihan mandi menggunakan air irigasi tersebut.

"Berbulan-bulan ai terkadang. Makanya kekakanakan gatal-gatal dan korengan gitu di rumah, lantaran airnya bau dan banyak bangkai serta bermacam sampah lainnya," ungkap Aslamiah. (Banjarmasin Post/Abdul Ghanie)

Tonton juga:

Editor: Radifan Setiawan
Video Production: Radifan Setiawan
Sumber: Banjarmasin Post
Tags
   #Sampah Plastik   #Martapura
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017 About Us Help