Sering Konsumsi Seblak, Bocah Ini Terserang Penyakit Serius, Kesehatan Organ Reproduksinya Terancam

Selasa, 10 Oktober 2017 22:27 WIB
Tribun Video

TRIBUN-VIDEO.COM - Berawal dari sakit perut yang dirasakan putrinya, seorang ibu menceritakan kondisi kesehatan buah hatinya itu di Facebook.

"Bahaya Makan Seblak dari Kerupuk Mentah yang Direndam," tulisnya sebagai judul untuk foto-foto dan keterangan yang diunggah di akun Facebooknya, Desy Puspita Yulida, Minggu (8/10/2017).

Menurut cerita Desy, ketika putrinya diperiksa di rumah sakit, ia sempat muntah-muntah dan mengalami diare.

Setelah dilakukan serangkaian pemeriksaan, dokter spesialis bedah anak menyatakan gadis bernama Salma itu mengalami pembengkakan di ususnya, atau disebut usus buntu.

Dokter juga menyarankan jika perut kembali terasa sakit, Salma harus puasa selama 6 jam dan segera dioperasi.

Jika tindakan tersebut tidak dilakukan, usus Salma akan pecah dan kesehatan rahimnya terancam.

Pada keterangan berikutnya, Desy menuliskan dokter yang memeriksa putrinya menduga Salma gemar mengonsumsi seblak.

Benar saja, Salma mengakuinya, dan dokter menyatakan dirinya telah menangani ratusan pasien yang terserang usus buntu karena seblak.

Di akhir cerita, Desy mengimbau para ibu untuk waspada jika memiliki putri yang menyukai camilan seblak, begini keterangan lengkapnya:

"Bahaya Makan Seblak dari Kerupuk Mentah yang Direndam Tapi Tetap Kenyal.

Pulang sekolah Salma perutnya kesakitan, lama-kelamaan tidak bisa digerakkan sama sekali seperti keram usus. Aku bawa ke IGD RS Immanuel. Sewaktu diperiksa sama dokter IGD, Salma muntah-muntah dan diare.

Lalu diadakan pemeriksaan cek darah dan ronsen hasilnya asam lambung naik, leukosit sel darah putih nya 14 ribu lebih.

Setelah diinfus besoknya dilakukan USG, cek darah, dan ronsen. Setelah dibacakan hasilnya oleh dokter spesialis bedah anak, ususnya terjadi pembengkakkan, dan kata dokter usus buntu.

Dan kalau setelah pulang dari sini perutnya sakit lagi, harus segera puasa selama 6 jam dan langsung tindakan operasi, kalau tidak, ususnya akan pecah.

Kalau ususnya sudah pecah akan mengganggu rahim, dan efek ke depannya tidak bisa punya anak. Naudzubillah. Penjelasan dokter sungguh sangat bikin dada sesak.

Dokter bertanya Apakah anak ini suka makan seblak? Salma menjawab iya, dan dokter pun bilang, "Saya sudah ratusan orang dalam setahun ini mengoperasi yang usus buntu karena makan seblak."

Saya bertanya kepada dokter, "Kenapa, Dok, anak saya bisa kena usus buntu? Padahal nggak begitu suka pedes."

Usus buntu yang anak Ibu alami bukan karena cabenya, tapi karena kerupuk mentah kalau disimpan dalam air tapi tidak hancur malah jadi kenyal, kebayang nggak Ibu akan bagaimana? Begitupun di dalam usus kita, kerupuk itu tidak akan hancur."

Maka berhati-hatilah ibu-ibu yang mempunyai anak gadis yang suka makan seblak kerupuk kering yang direndam tapi kerupuknya masih kenyal dan belum matang karena bisa menyumbat di usus dan terjadi infeksi. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Syafakillah uni Salma sayang. Allah always loves you. InsyaAllah semuanya akan baik-baik saja ya sayang."

Unggahan itu telah dibagikan lebih dari 32 ribu kali dan mendapat beragam komentar dari warganet.

Nowella Lolla CLaresta: Mungkin tu orang makan seblak level tinggi pedasnya, sehingga begitu. Saya dari dulu makan seblak alhamdulillah wasyukurillah baik-baik aja, malah sehat-sehat aja. Apa-apa yang lagi hits pasti ada aja masalah ya.

Setiawan Hansamuna Otoko: Laporkan saja ke Menkes cq BPOM, biar dikeluarkan surat edaran tentang bahaya mengonsumsi seblak, agar tidak bertambah korban pada anak-anak dan juga masyarakat umum lainnya.

Wiwi Eka Nugraha: Saya jualan seblak, tapi nggak baik menjelek-jelekkan seblak, karena mungkin ya si anak makan seblak kerupuk nggak dikunyah dulu langsung dilahap alias dteuleun langsung, lagian seblak kerupuk dikunyah aja udah hancur komo deui kanu perut tos janten u.e.

Lita Rahmadhini Samudra: Kalau gitu entar ada larangan buat jualan seblak. Penyakit datangnya dari Allah. Kalau karena makanan ya tergantung makanannya seberapa banyak. Tukang seblak pada demo nih nanti. (TribunVideo.com/Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana)

Editor: Radifan Setiawan
Reporter: Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana
Video Production: Radifan Setiawan
Sumber: Tribun Video
Tags
   #seblak   #Facebook   #Usus Buntu
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017 About Us Help