Pulau Datu, Wisata Ziarah di Tanjung Dewa

Sabtu, 30 September 2017 19:44 WIB
Banjarmasin Post

TRIBUN-VIDEO.COM, PELAIHARI - Pantai Batakan, Tanjung Dewa menjadi destinasi wisata yang cukup dikenal di Kalsel.

Pantai yang bersih dengan deburan ombaknya yang tidak terlalu besar, ditambah hijau pohon kelapa berpadu bebatuan cadas besar, menjadi daya tarik tersendiri bagi pantai Batakan.

Tapi wisatawan yang datang ke Pantai Batakan, Desa Tanjung Dewa, Kecamatan Panyipatan, Kabupaten Tanahlaut ini, bukan hanya berwisata ingin menikmati keindahan pantai.

Sebagian besar wisatawan yang datang adalah untuk berziarah ke Pulau Datu yang letaknya tidak jauh dari pantai Batakan.

Di pulau yang tidak terlalu besar tersebut di atasnya terdapat makam H Muhammad Taher yang dikenal dengan sebutan Datu Pamulutan.

Hampir setiap Sabtu dan Minggu banyak peziarah yang datang ke Pulau Datu. Mereka datang dari berbagai daerah, baik di Kalsel bahkan dari provinsi lain.

Seperti yang dilakukan, Marjuni, warga Desa Tabunganen, Kecamatan Tamban Kabupaten Batola.

Dirinya sengaja datang berziarah ke Pulau Datu dengan rombongan keluarganya, menyeberang dari Pantai Batakan menuju Pulau Datu dengan sarana jasa perahu kelotok.

Bagi warga setempat keberadaan Pulau Datu menjadi berkah, khususnya pengemudi kelotok.

Mereka memberi jasa antar jemput para wisatawan yang ingin ke Pulau Datu dengan tarif Rp 10.000 per orang dan Rp 125.000 untuk rombongan.

"Namun demikian para motoris di Tanjung Dewa tidak selalu berpatokan pada harga tersebut, melainkan tergantung kemampuan para pengunjung," ujar Herman, motoris kelotok yang juga warga Desa Tanjung Dewa, Tanahlaut. (Banjarmasin Post/Aya Sugianto)

Editor: Radifan Setiawan
Video Production: Radifan Setiawan
Sumber: Banjarmasin Post
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017 About Us Help