Niko Panji Beberkan 'Safe House' KPK Disewa Oleh 'Pemodal'

Minggu, 13 Agustus 2017 10:33 WIB
Tribunnews.com

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUN-VIDEO.COM, JAKARTA - Niko Panji Tirtayasa atau Niko menyebut bahwa 'safe house' di Kelapa Gading merupakan rumah yang di sewa langsung dari pemiliknya.

Namun, lanjut Niko, biaya sewa rumah tersebut tidak berasal dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melainkan dari 'pemodal'.

Niko membeberkan, rumah tersebut disewa oleh calon kepala daerah yang kalah. Salah satunya Joncik Muhammad, yang kalah di Pilkada Empat Lawang 2013-2018 dari Bupati Empat Lawang Budi Antoni Al-Jufri yang kini menjadi tersangka korupsi.

Selain itu, Niko menyebut calon wali kota Palembang, Sarimuda sebagai pemodal yang turut membayar sewa rumah tersebut.

Tak hanya di Kelapa Gading, para pemodal juga membiayai safe house KPK di Depok, Jawa Barat.

Hal tersebut disampaikan Niko saat tiba bersama rombongan Pansus Angket di rumah yang beralamat di Jalan Kuda Lumping no U-15 RT 1 RW 9 Kel. Pegangsaan Dua, Kec. Kelapa Gading, Jakarta Utara pada Jumat (11/8/2017) malam.

"Jadi dirumah ini kita (saksi dan KPK) semua sketch (atur), mulai sari BAP (Berita Acara Pemeriksaan), nanti bicara apa dipersidangan maupun saksi-saksi. Kami akan berikan bukti tambahan ke Pansus foto-foto yang berada dirumah ini," ucap Niko.

"Disini saya bisa sebutkan ada penyidik KPK yang datang. Novel Baswesdan, Ibrahim Kholil, Irawan. Punya perannya masing-masing bekerja sama dengan pihak pemodal," tambahnya.

Niko yang juga saksi kasus korupsi mantan Hakim MK Akil Mochtar ini mengaku bahwa rumah Kelapa Gading dijadikan rumah sekap oleh KPK sejak Oktober 2013 hingga Februari 2014.

Sementara itu, Ketua Pansus Angket, Agun Gunandjar meminta KPK memberikan penjelasan di rapat Pansus.

Dia mendesak KPK tidak lagi memberikan keterangan hanya memalui media saja.

"Kita sama-sama duduk bareng. Berdiskusi membicarakan unyuk sebuah kebenaran, keadilan, untuk rakyat," ungkap Agun.

Sebelumnya, rombongan Pansus Angket bersama Niko mengunjungi safe house KPK di kawasan Cipayung, Depok, Jawa Barat, Jumat (11/8/2017) siang.

Di rumah bercat orange tersebut, Niko merasa disekap oleh penyidik KPK dan dikawal dua orang anggota kepolisian di dalam rumah.(*)

Editor: Sigit Ariyanto
Reporter: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Video Production: Sigit Ariyanto
Sumber: Tribunnews.com
Tags
   #safe house   #KPK   #Kelapa Gading
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017 About Us Help