Banjarmasin Wakili Indonesia Di Ajang Internasional Barongsai

Sabtu, 12 Agustus 2017 21:05 WIB
Banjarmasin Post

Laporan wartawan Banjarmasin Post, Khairil Rahim

TRIBUN-VIDEO.COM, BANJARMASIN - Komunitas di Persatuan Liong dan Barongsai Seluruh Indonesia

(PLBSI) Banjarmasin mendapat kehormatan dipercaya menjadi wakil Indonesia diajang Liong Naga kejuaraan internasional Lion dan on Stilt di Penang Malaysia, 18 Agustus 2017 nanti.

Ketua PLBSI Banjarmasin, Jimmy menerangkan setelah dipercaya pihaknya pun rajin menggelar latihan rutin meminjam tempat dan alat setiap sore di sekretariat Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Banjarmasin atau biasa disebut Sasana Kuripan Banjarmasin.

Nico Hanafi bidang barongsai PLBSI Banjarmasin menjelaskan 10 orang dipilih untuk berangkat dari tiga klub yakni dari Komunitas Anak muda Katolik (Komka), Radio Candra dan El Mondo, Rabu(9/8/2017).

Sementara mereka yang terpilih yakni pemain depan ada Jefri, pemain belakang M Ridho, lalu pemain tambur ada Niko Hanafi, pemain kimbal ada Welly Setiadi, Benny Wijaya dan Rivaldo sedang pemain Kenong ada Timothy.

"Setiap hari selama dua bulan kami berlatih bersama untuk menghadapi kejuaraan dunia ini. Tempat latihan dipilih di gedung Sekretariat FOBI jalan Kuripan dan Klenteng Banjarmasin," ucap Niko.

PLBSI Banjarmasin tampil di kejuaraan dunia ikut di katagori tonggak Tiang. Sebab katagori itu merupakan katagori utama dari kejuaraan ini. Katagori lain yang dilombakan seperti halang rintang, kecepatan.

Kini setelah bergabung ke Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI), PLBSI Banjarmasin pun semakin berkembang. Permainan Liong dan Barongsai mulai tampil diberbagai pertunjukan salah satunya ikut menghibur di acara gowes Nusantara 2017 di halaman Pemko Banjarmasin.

"Beberapa acara hiburan juga pernah kami isi sehingga liong dan Barongsai hadir tidak hanya di implek dan cap go meh saja," ketua PLBSI Banjarmasin, Jimmy.

Sekretaris Formi Banjarmasin, Yenny Luntungan menjelaskan liong dan Barongsai Banjarmasin meiliki potensi yang besar untuk bisa mengharukan nama Banua di kancah internasional.

"Terbuktikan mereka bisa mewakili Indonesia bersama Bangka Belitung tampil dikejuaran dunia di Malaysia," kata Yenny.

Demi mendukung kegiatan itu, Formi Banjarmasin pun lanjut Yenny bakal ikut mendampingi para atlet liong dan Barongsai ke Malaysia.

"Saya bersama wakil Ketua Formi nanti yang akan berangkat kami akan mensuppor kegiatan mereka. Meski meraih gelar juara terlampau berat namun kita tetap berusaha. Sekaligu ajang ini sebagai penambah pengalaman para anggota komunitas lain," terang dia?.

Simak video di atas.(*)

Editor: Nur Fatah Aliem Prabowo
Video Production: Nur Fatah Aliem Prabowo
Sumber: Banjarmasin Post
Tags
   #barongsai   #Banjarmasin
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017 About Us Help