Begini Kondisi Banjir di Desa Supang Kecamatan Kapuas Hulu Kabupaten Kapuas, Kalteng

Senin, 17 Juli 2017 23:10 WIB
Banjarmasin Post

TRIBUN-VIDEO.COM, KUALAKAPUAS - Setelah terjadi banjir cukup besar di Kabupaten Gunungmas, Sabtu (15/7/2017) sore kemarin, banjir serupa terjadi juga di Desa Supang, Kecamatan Kapuas Hulu, dan Desa Jakatan Masaha, Kecamatan Mandau Talawang, Kabupaten Kapuas Kalteng, Minggu (16/7/2017) siang. Banjir terjadi akibat intensitas curah hujan yang cukup tinggi di wilayah tersebut.

Plt Kepala BPBD Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga yang dihubunggi melalui sambungan teleponnya, Minggu (16/7/2017) petang mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum mendapat data resmi berapa jiwa dan berapa KK yang menjadi korban banjir."Saat ini kami masih melakukan rapat koordinasi, sambil menunggu kepala desa menghitung jumlah korban banjir. Kami selalu kontek via telepon ke pihak terkait,"katanya.

Dikatakannya, intensitas hujan yang cukup tinggi terjadi pada Sabtu (15/7/2017) petang di Desa Supang. Dampak lainnya Daerah Aliran Sungai (DAS) Kapuas meluap dengan ketinggian mencapai 30 cm. Kemudian update pada Minggu (16/7/2017), ketinggian air semakin meningkat yakni sampai satu meter, sehingga merendam puluhan rumah warga di sana."Ada kemungkinan ketinggian air akan semakin meningkat,"katanya.

Untuk di Kecamatan Mandau Telawang terjadi hujan yang cukup lebat pada Jumat (14/7/2017) sore. Kemudian keesokan harinya, Sabtu (15/7/2017) terjadi banjir cukup tinggi yakni sekitar 1,5 meter, sehingga merendam semua rumah.

"Jarak tempuh Kecamatan Mandau Telawang dengan Kota Kualakapuas sekitar 6 jam. Sehingga kita menunggu laporan dan data-data jumlah korban jiwa dan KK," tambah Sinaga.

Sampai sekarang, kata Sinaga, upaya yang dilakukan jajaran BPBD Kapuas adalah melakukan monitoring, memantau serta berkoordinasi dengan pihak Camat Kapuas Hulu dan Kepala Desa Supang serta dengan pihak terkait. Ditanya apakah ada korban jiwa atau warga yang mengungsi, Sinaga mengatakan untuk korban jiwa nihil dan untuk warga hanya sebagian yang mengungsi ke daerah yang lebih tinggi. Selebihnya ada uyang tetap bertahap di rumah.(Tribun Kalteng/Jumadi)

Editor: Tri Hantoro
Video Production: Tri Hantoro
Sumber: Banjarmasin Post
Tags
   #Kalteng
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017 About Us Help