Kemenhub Butuh Penambahan Kapal Besar untuk Transportasi Laut

Senin, 17 Juli 2017 18:58 WIB
Tribunnews.com

Laporan Wartawan Tribunnews, Lendy Ramadhan

TRIBUN-VIDEO.COM - Kementerian Perhubungan butuh penambahan kapal besar untuk kelancaran transportasi laut dalam.

Hal tersebut dinyatakan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi dalam acara acara Kongres Teknologi Nasional (KTN) 2017 di Gedung Badan Pusat Pengembangan Teknologi (BPPT), Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (17/7/2017).

Mengenakan pakaian batik bernuansa gelap, Menteri Budi mengungkapkan, bahwa saat ini jumlah transportasi kapal laut besar berteknologi canggih masih minim.

Ia mencontohkan di perairan Maluku Utara, walaupun penduduknya relatif tidak padat, namun lautnya luas dan dalam, sehingga sangat berbahaya, bila dilialui kapal kecil dengan teknologi yang masih tradisional.

"Saatnya juga kita berpikir, bahwa kapal-kapal yang akan kita bangun itu perlu ada suatu inovasi, agar ketepatan teknologi yang bisa dilaksanakan di lokasi-lokasi tertentu bisa tercapai," kata Budi Karya Sumadi.

"Saya mengambil contoh, misalnya di Maluku Utara. Maluku Utara itu satu daerah yang relatif tidak padat, tetapi lautnya sangat besar (dan dalam). Sehingga tidak mungkin menggunakan kapal-kapal yang relatif kecil," tambah Budi Karya Sumadi.

Menteri Budi Karya Sumadi sangat berharap, BPPT berhasil membangun kapal-kapal besar berteknologi tinggi, untuk menambah armada transportasi laut yang layak.(*)

Editor: Novri Eka Putra
Reporter: Lendy Ramadhan
Video Production: Novri Eka Putra
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017 About Us Help