Enam Negara Kirimi Surat ke FIFA untuk Batalkan Qatar Sebagai Tuan Rumah

Minggu, 16 Juli 2017 11:55 WIB
Sumber Lain

SUPERBALL.ID, SWISS -- Enam negara yang telah memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar bulan lalu, Arab Saudi, Yaman, Mauritania, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Mesir menuntut FIFA mencabut predikat Qatar sebagai tuan rumah di Piala Dunia 2022.

Keenam negara tersebut mengirim surat kepada FIFA karena Qatar dituduh mendukung kelompok militan radikal yang dapat mengancam keamanan penyelenggaraan perhelatan besar sepak bola dunia.

“Negara-negara tersebut memperingatkan FIFA tentang risiko yang mengancam penggemar dan juga keamanan pemain di sebuah negara yang disebut-sebut negara ‘basis dan benteng’ terostisme,” ujar Gianni Infantino, sebagaimana dikutip SuperBall.id dari laman ESPN, Minggu (16/7/17).

Presiden baru FIFA itu menambahkan bahwa keenam negara tersebut mengacu pada Pasal 85 FIFA yang memungkinkan perubahan tempat tuan rumah Piala Dunia jika terjadi keadaan darurat.

Namun FIFA tetap menjalin komunikasi meski di bulan Juni Qatar mengalami krisis diplomatik.

Arab Saudi yang telah memenuhi syarat lolos sebagai kandidat penyelenggara Piala Dunia dari tahun 1994 hingga 2006 belum juga beruntung terpilih, justru pengambilan suara di bulan September 2016 mempercayakan Rusia sebagai tuan rumah di tahun 2018.

Mesir juga belum pernah lolos masuk menjadi peserta Piala Dunia sejak tahun 1990, namun peluang itu masih bisa terjadi karena masih harus menjalani empat laga kualifikasi untuk bisa mencapai Rusia.

Yaman, Mauritania, dan Bahrain sama sekali tidak pernah lolos berlaga di Piala Dunia, meskipun Bahrain sempat menginjakkan kaki di babak playoff antarbenua pada tahun 2010. (*)

Editor: ndaruguntur
Video Production: ndaruguntur
Sumber: Sumber Lain
Tags
   #Timnas Qatar   #FIFA   #Gianni Infantino
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017 About Us Help