Partisipasi Jaga Stabilitas Harga Pangan Polri Bentuk Satgas Pangan

Senin, 19 Juni 2017 14:39 WIB
Tribunnews.com

Laporan Wartawan Tribunnews, Lendy Ramadhan

TRIBUN-VIDEO.COM - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) diperintahkan presiden untuk ikut berpartisipasi dalam stabilitas harga pangan.

Hal tersebut dinyatakan Kapolri, Jend, Pol. Tito Karnavian dalam pengarahan apel Ramadania 2017 di Silang Monas, Jakarta Pusat, Senin (19/6/2017).

Untuk melaksanakan perintah presiden tersebut, Tito Karnavian mengaku telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pangan. Satgas tersebut terdiri dari kementerian terkait.

"Kita telah melaksanakan sejumlah langkah, di antaranya membentuk satgas pangan, dalam rangka menjaga stabilitas harga bahan pangan. Bersama dengan kementerian-kementerian terkait, di antaranya Kementerian Pertanian, (Kementerian) Perindustrian, (Kementerian) Perdagangan, Bulog (Badan Urusan Logistik), Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), dan lain-lain," kata Tito Karnavian.

Dalam tim tersebut, fokus Polri yaitu memberantas para pelaku kartel dan monopoli yang membuat harga tak terkendali.

Tito Karnavian mengaku sudah menindak beberapa pelaku-pelaku kartel dan monopoli bahan pangan. Tindakan tersebut diakuinya berhasil memberikan efek jera.

"Ini memberikan efek deterrent yang cukup besar kepada pelaku-pelaku kartel dan monopoli," tambah Tito Karnavian.

Tito Karnavian mengakui, memang masih ada beberapa bahan pangan yang harganya masih tinggi, satu di antaranya gula. Namun, tidak signifikan dan pemerintah tetap akan berupaya menekan harga, hingga terjangkau.(*)

Editor: Novri Eka Putra
Reporter: Lendy Ramadhan
Video Production: Novri Eka Putra
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017 About Us Help