Air Sumur Tujuh Berkhasiat Mengabulkan Hajat yang Mendatanginya

Senin, 17 April 2017 16:56 WIB
Tribun Lampung

Laporan Reporter Tribun Lampung, YOGA NOLDY PERDANA

TRIBUN-VIDEO.COM - Sumur Tujuh, Seperti namanya, sumur yang sudah ada sejak jaman dulu (perkiraan sudah ada sejak jaman Belanda) ini memiliki tujuh sumber mata air yang airnya pun tidak pernah kering sampai disaat musim kemaraupun.

Terletak di Jalan Cipto Mangunkusumo, Gang Bonsai, Kelurahan Kupang Teba, Telukbetung Utara, Bandar Lampung. 

Sumur Tujuh merupakan salah satu tempat yang misterius yang ada di bandar lampung berhubung sampai saat ini belum ada yang tahu pasti asal muasalnya.

Penjaga pemandian Sumur Tujuh, kang Herman menuturkan, tidak ada yang tahu pasti asal mula sumur yang berjumlah tujuh buah ini. 

Namun, keberadaannya diyakini masih ada hubungannya dengan Wali Samin (Asnawi Caringin) seorang tokoh yang pernah hidup dan tinggal didekat kawasan Sumur Tujuh tersebut.

"Kalau perkiraan dari penuturan buyut saya, Sumur Tujuh ini umurnya sudah ratusan tahun, dan Wali Samin tersebut yang membuat sumur ini (dengan kesaktiannya). Dulu waktu tahun 90an, sumur sumur ini lobangnya masih kecil semua kayak mata air saja, seiring berjalannya waktu, dia ngelebar sendiri sampai sekarang lebarnya variasi,"tuturnya.

Ia juga mengatakan, banyak orang dari luar daerah Lampung yang sengaja datang ke tempat ini untuk mandi ataupun membawa pulang air nya. 

Konon katanya, air dari Sumur Tujuh ini berkhasiat dapat mengabulkan berbagai hajat orang.

Herman mengatakan, Sumur tujuh banyak didatangi oleh orang-orang dari luar daerah, biasanya tempat tersebut justru ramai dikunjungi pada malam hari.

 “Pemandian ini buka 24 jam dan tidak dipungut biaya sepeserpun. Siapapun bebas datang untuk mandi ataupun mengambil airnya. Biasanya tempat ini ramai dikunjungi pada malam-malam tertentu seperti malam Jumat Kliwon dan satu Muharram. Menurut pengakuan dari orang-orang yang pernah datang kemari, hajatnya cepat terkabul seperti masalah jodoh, lancar usaha, minta keselamatan, dan lainnya. Namun itu semua hanya Allah SWT yang punya kuasa, kita sebagai manusia hanya bisa berikhtiar," ungkap Herman.

Dari pantauan Tribun, Tujuh buah sumur tersebut memiliki  air yang sangat jernih dan dapat diminum langsung. 

Diameter lebar dan kedalamannya pun berbeda-beda, tingkat kedalamannya bervariasi antara  50 cm sampai 1 meter, sedangkan diameter lebarnya antara 35 cm sampai 1 meter.

Dan menurut informasi yang didapat dari warga sekitar, kang Alvin mengatakan, Masing-masing sumur memiliki penjaga ghaib nya yaitu mbah waringin sedayu, mbah codet, kyai Sapu Jagad, Puteri Ayu Mekar, Raja Algojo, Syech Putra Untung, dan Gembul Sona Gembul Soni.

 "Percaya gak percaya, tempat-tempat tua dan bersejarah seperti sumur tujuh ini contohnya pasti ada yang menjaganya. Dan memang masing masing sumur tersebut ada yang jaganya,"ujar Alvin.(*)

Editor: Novri Eka Putra
Video Production: Novri Eka Putra
Sumber: Tribun Lampung
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017 About Us Help