Pameran Foto "Apa Kabarmu, Nelayan?" Di Dongeng Kopi

Selasa, 21 Maret 2017 10:51 WIB
Tribun Jogja

TRIBUN-VIDEO.COM, SLEMAN - Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Profesi Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta mengadakan pameran fotografi bertajuk "Apa Kabarmu, Nelayan?" di Dongeng Kopi, jalan KH Wahid Hasyim No 3, Condongcatur, Depok, Sleman, Sabtu (18/3/2017).

"Kita ingin mengenalkan lagi nelayan, apa itu nelayan dan bagaimana kondisinya saat ini," ucap Muhammad Noer Ramadhan selaku ketua panitia acara.

Noer menjelaskan selama ini kebanyakan pameran foto hanya mengambil satu sisi kehidupan nelayan saja yaitu kesenjangan sosialnya.

Tonton juga:

Sriwijaya Pecat Petugas Pelempar Paket Titipan, Lihat Videonya, Netizen: Astaghfirullah

Kocak! Pramugara Ini Joget Lipsync dan Diunggah oleh Bos AirAsia Langsung

Dengan diadakan pameran ini diharapkan dapat memperlihatkan sisi lain dari para nelayan di Indonesia. "Kita ingin mengambil kedua sisinya supaya berimbang," tuturnya.

Pameran ini menampilkan 30 karya tentang kegiatan para nelayan yang ada di Indonesia.

Karya tersebut diseleksi oleh Ferganata Indra Riatmoko (pewarta foto Kompas), dan Desi Suryanto (pewarta foto Harian Jogja) melalui lomba yang sebelumnya diadakan pada tanggal 1 Maret 2017 - 10 Maret 2017 dengan total hadiah Rp 2,25 juta. Lomba ini diikuti oleh peserta seluruh Indonesia.

Dari seluruh foto peserta lomba, ada 15 foto yang terpilih berkontribusi dalam pameran tersebut. Untuk biaya cetak, figura, dan display sudah ditanggung oleh panitia. 15 foto lainnya berasal dari LPM Profesi FTI UII Yogyakarta yang melalui proses kurasi.

"Foto yang ditampilkan dari seluruh Indonesia, diantaranya ada dari Jakarta, Aceh, Flores, Banyuwangi, sama Cilacap," lanjut Noer. Untuk 15 peserta pameran lainnya berasal dari LPM Profesi FTI UII Yogyakarta, foto yang diambil di pantai Depok, Bantul.

Foto yang menarik hati saat berada di pameran tersebut adalah foto karya Prayogi asal Flores, NTT yang berjudul "Menangkap Cakalang Ramah Lingkungan".

Foto itu memperlihatkan para nelayan di Laut Flores, NTT menangkap ikan dengan menggunakan teknik "Huhate" atau biasa dikenal dengan teknik "Pole and Line" yang diyakini dapat menjaga suplai ikan dilautan tanpa menangkap ikan secara berlebih.

Komposisi dan pengambilan gambarnya pun sungguh profesional.

"Jadi kita menampilkan karya foto ini dengan tujuan mengenalkan kembali kepada masyarakat khususnya Yogyakarta tentang bermacam-macam kegiatan nelayan dan juga kondisi mereka," ucap Noer.

Menurutnya melalui media foto, pesan yang ingin disampaikan, bisa diterima lebih baik dibandingkan dengan media lainnya.

Pada hari Minggu (19/3) masih dalam rangkaian acara, LPM Profesi menggelar talkshow bersama Suwarman Partosuwiryo dari Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Desi Suryanto. (*)

Editor: Radifan Setiawan
Video Production: Radifan Setiawan
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017 About Us Help